7 Cara Melamar Kerja Via Jobstreet

Cara Melamar Kerja Via Jobstreet

7 Cara Melamar Kerja Via Jobstreet, Jobstreet adalah platform Malaysia yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk perusahaan-perusahaan di Asia. Dalam hal ini, Jobstreet berfungsi sebagai penghubung antara perusahaan dengan pencari kerja yang ada. Jobstreet memudahkan pencarian lowongan kerja di beberapa negara Asia. Misalnya, Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, dll.

Jika kamu masih menganggur, kamu perlu tahu cara melamar kerja via jobstreet dan mendapatkan panggilan. Pasalnya dengan mengetahui cara melamar kerja via jobstreet, maka dapat membantu kamu menemukan pekerjaan.

Petama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun dan nantinya akan secara otomatis melihat lowongan di halaman jobstreet, Selain itu, penting untuk memperhatikan kualitas CV yang kamu buat. Oleh karena itu, kamu perlu tahu lebih banyak tentang cara melamar kerja via jobstreet. Pelajari lebih lanjut tentang cara melamar kerja via jobstreet dan dapatkan pekerjaan dalam waktu singkat.

Cara Melamar Kerja Via Jobstreet Agar Dipanggil

Cara melamar kerja via jobstreet dapat dibagi menjadi tujuh tahap:

1. Buat Akun di Jobstreet

Cara melamar kerja via jobstreet yang pertama adalah buat akun di Jobstreet. Jika kamu ingin mencari pekerjaan di Jobstreet, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Saat membuat akun, yang harus kamu lakukan hanyalah memasukkan nama, alamat email, dan kata sandi. Kemudian, kamu harus memverifikasi akun menggunakan alamat email yang kamu masukkan.

2. Unggah Foto Profesional

Cara melamar kerja via jobstreet berikutnya adalah unggah foto profesional. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih pelamar Jobstreet adalah foto. Cobalah untuk mengunggah foto yang menggambarkan kamu sebagai orang yang rapi, formal, dan jelas. Pastikan juga kualitas foto yang diunggah optimal. Dari sana, perusahaan akan menentukan bahwa kamu adalah seorang profesional. 

3. Lengkapi Profil Kamu di Jobstreet

Cara melamar kerja via jobstreet selanjutnya adalah melengkapi profil. Setelah membuat akun, kamu perlu melengkapi informasi profil agar profil kamu terlihat lebih menarik dan profesional. Dalam hal ini, sebenarnya ada dua cara untuk melengkapi profil kamu di Jobstreet:

1. Lengkapi profil kamu di formulir akun Jobstreet. 

Kamu harus cermat saat mengisi formulir di Jobstreet. Karena profil kamu tidak hanya berfungsi sebagai CV, tetapi juga sebagai surat lamaran yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan tempat kamu melamar. Selain itu, kelengkapan profil lainnya juga dijadikan dasar Jobstreet untuk mencari lowongan pekerjaan. Karena itu, berhati-hatilah saat mengisi profil.

Setidaknya ada beberapa cara melamar kerja via jobstreet yang harus diperhatikan.
  • Pada halaman pertama, tinjau keterampilan khusus yang ditawarkan perusahaan.
  • Jangan menulis apa pun yang tidak terkait dengan pekerjaan yang kamu inginkan di kolom "Pengalaman". Terutama mengisi kontribusi kamu ke perusahaan sebelumnya. 
  • Khusus untuk lulusan baru, bagian pengalaman dapat diisi dengan hal-hal seperti menjadi sukarelawan, proyek kampus, pekerjaan sampingan, kegiatan ekstrakurikuler, komunitas, dan banyak lagi.
2. Silakan unggah CV dalam format PDF. 

CV yang diunggah ke situs Jobstreet dapat digunakan sebagai dokumen lamaran. Keuntungan utama menggunakan CV adalah kamu dapat membuatnya sendiri. Jadi buatlah CV kamu semenarik dan seunik mungkin.

Dalam beberapa kasus, perusahaan biasanya lebih menekankan pada CV. Oleh karena itu, lebih baik memasukkan CV yang sudah ada dan mengunggah CV secara manual.

4. Temukan Jenis Pekerjaan Yang Tepat

Cara melamar kerja via jobstreet selanjutnya adalah menemukan jenis pekerjaan yang tepat. Setiap perusahaan pasti mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria rekrutmennya. Jadi ketika mencari pekerjaan, pastikan kamu memilih pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan suatu pekerjaan adalah:
  • Mencari lulusan berpengalaman atau baru?
  • Keterampilan apa yang dibutuhkan perusahaan?
  • Apakah posisi tersebut sesuai dengan gelar, pendidikan, dan keterampilan kamu? 
  • Apakah usia kamu memenuhi persyaratan perusahaan? 
  • Apakah memenuhi persyaratan gaji di Jobstreet? 
  • Berapa lama lowongan kerja berlaku?

5. Kirim Lamaran (Apply Now)

Cara melamar kerja via jobstreet dengan klik tombol "Lamar Sekarang". Setelah kamu menemukan jenis pekerjaan yang tepat, kamu harus mengirimkan lamaran kerja. Di bawah posting pekerjaan tersedia tombol "Lamar Sekarang". Fungsi tombol ini adalah untuk meminta sistem mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan yang bersangkutan.

6. Tulis 300 Kata yang Menarik

Setiap kali kamu melamar ke Jobstreet, kamu biasanya akan melihat kolom input yang disarankan diisi. Nantinya, perusahaan akan meninjau kolom ini sebelum memutuskan untuk menggali lebih dalam informasi kamu. Sayangnya kolom ini dibatasi hingga 300 karakter. Anda dapat memasukkan kalimat yang menunjukkan keahlian dan pengalaman kamu. Buat CV sekreatif mungkin agar HRD tertarik dengan lamaran kamu dan akan dilanjutkan dengan wawancara.

7. Tunggu Hingga Ada Pemberitahuan Diterima

Setelah melamar pekerjaan, langkah selanjutnya adalah menunggu pemberitahuan bahwa lamaran kamu telah diterima. Jobstreet memiliki pelacak lamaran kerja secara online untuk membantu kamu menemukan informasi. Selain itu, kamu dapat menghubungi personalia secara langsung untuk mendapatkan informasi terkait lamaran yang diterima perusahaan.

Tips dan Cara Melamar Kerja Via Jobstreet Agar Cepat Diterima

Apabila lamaran Jobstreet tidak pernah dipanggil, kamu mungkin perlu mengikuti tips di bawah ini.

1. Perbarui CV

Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk melengkapi informasi promosi. Semakin menarik promosi kamu, semakin cepat kamu akan terpanggil untuk bekerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbarui CV kamu setiap tiga bulan. Agar lebih optimal, kamu dapat mengambil beberapa kursus pelatihan untuk mendapatkan pengalaman baru dan menambahkannya ke CV kamu.

2. Gunakan Fitur Pemberitahuan Lowongan Kerja

Kamu dapat mengaktifkan notifikasi email mingguan atau harian untuk mempelajari lebih lanjut tentang lowongan pekerjaan. Nantinya, kamu akan menerima postingan lowongan kerja melalui email berdasarkan kriteria profil kamu 

3. Lamar Segera Setelah Menemukan Posisi Yang Cocok

Tidak bisa dipungkiri banyak sekali orang yang melamar ke Jobstreet. Jadi, jika kamu menemukan pekerjaan yang cocok untuk kamu, segeralah melamar, nantinya lamaran kerja kamu akan diproses lebih cepat dan kemungkinan besar kamu akan diundang untuk wawancara. Itulah beberapa cara melamar kerja via jobstreet. Semoga Bermanfaat. Yuk segera pesan Jasa Pembuatan CV menarik dan profesional di Shortlancer.com