10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja

10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja, Wawancara kerja atau Interview yang baik saat melamar merupakan tahapan penting. Namun, tahap ini sangat menegangkan dan tidak mudah bagi kebanyakan orang.

Secara keseluruhan, saat wawancara akan diminta kamu untuk menggambarkan keahlian, pengalaman, dan kelebihan kamu sedetail mungkin dalam waktu singkat. Ini mungkin tampak mudah, tetapi selalu menakutkan dan gugup karena kamu tidak pernah tahu siapa yang akan mewawancarai atau pertanyaan apa yang akan ditanyakan nanti.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tips dan trik yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja, artikel ini akan membantu kamu sukses dalam wawancara dan diterima oleh perusahaan pilihan kamu.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja

1. Riset perusahaan

Hal pertama kali yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja yaitu pastikan kamu telah meneliti perusahaan yang kamu tuju dalam hal struktur organisasi, visi dan misi, produk atau layanan yang dijualnya, dan siapa yang akan mewawancarai.

2. Latihan berbicara

Jika kamu tidak terbiasa berbicara di depan HRD, itu bisa menegangkan. Saat kamu gugup mengakibatkan mudah kehilangan fokus pada apa yang ditanyakan atau apa yang ingin kamu jawab. Oleh karena itu, kamu harus berlatih berbicara dan meminta pendapat orang lain sampai kamu merasa percaya diri saat wawancara.

3. Siapkan dokumen yang dapat menunjukkan keahlian

Dokumen yang perlu disiapkan seperti CV, portofolio dan dokumen pendukung lainnya adalah amunisi yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi berperang. Jika kamu bekerja atau magang di industri kreatif. Tentu saja, CV kamu akan dievaluasi terlebih dahulu.

4. Cari tahu tentang posisi hingga perusahaan yang dituju

Hal yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja selanjutnya adalah cari tahu tentang posisi hingga perusahaan yang dituju, hal ini sering dilupakan, jangan datang ke wawancara dengan kepala kosong. Sangat penting untuk meneliti perusahaan dan posisi yang kamu lamar, karena pewawancara sering mengajukan pertanyaan. Jadi, dengan mempersiapkan terlebih dahulu, kamu akan tahu apa yang harus dijawab ketika dilontarkan beberapa pertanyaan.

5. Datang tepat waktu

Datang tepat waktu untuk wawancara juga hal yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja. Datang tepat waktu menunjukkan kepribadian kamu yang disiplin. Untuk wawancara, sebaiknya tiba 15-20 menit sebelum waktu wawancara yang dijadwalkan. Gunakan waktu ini untuk memperbaiki penampilan kamu dan mempersiapkan CV serta materi wawancara lain yang benar-benar kamu butuhkan.

6. Berpenampilan rapi dan sopan

Pakaian rapi dan sopan merupakan hal yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja. Bagaimanapun, pewawancara mengutamakan penampilan kamu. Penampilan kamu adalah amunisi lain yang dapat mendukung CV dan portofolio yang kamu buat. Penampilan kamu mungkin bukan faktor penentu lulus atau tidaknya wawancara, tetapi penampilan kamu memberi kesan dan memengaruhi cara orang lain memandang kamu secara pribadi.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh

Mengontrol bahasa tubuh termasuk hal yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja, jika tidak berlatih mental dan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelumnya, bisa sangat sulit mengontrol bahasa tubuh. Jabat tangan adalah salah satu gerak tubuh yang harus dijaga. Tidak terlalu lemas dan tidak terlalu kencang, berjabat tangan yang benar adalah dengan menatatap mata saat berjabat tangan. Kedua, jika kamu gugup, jangan mengetuk kaki kamu di lantai atau bermain dengan pensil. Menggerakkan tangan saat berbicara dapat membantu meredakan ketegangan.

8. Siapkan jawaban yang menurut kamu akan ditanyakan

Pewawancara biasanya banyak bertanya tentang pengalaman kerja kamu sebelumnya. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, fokuskan pertanyaan pada keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, pewawancara juga akan sering menanyakan rencana masa depan kamu untuk beberapa tahun ke depan. Pertanyaan ini bukan tentang rencana pribadi kamu untuk masa depan, tetapi tentang bagaimana kamu dapat berkontribusi pada perusahaan di masa depan. Pertanyaan-pertanyaan berikut, yang sering ditanyakan oleh pewawancara, adalah tentang kelebihan dan kekurangan kamu. Pada titik ini, kamu harus menyatakan kelebihan kamu karena berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Kedua, ketika kamu menyebutkan kekurangannya, kamu juga harus menjelaskan solusi yang kamu terapkan untuk mengurangi kekurangannya.

9. Siapkan pertanyaan tentang posisi atau pekerjaan yang kamu lamar

Dengan bertanya tentang pekerjaan dan ruang lingkup pekerjaan di perusahaan baru, kamu dapat menunjukkan minat yang lebih dalam pada perusahaan. Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

10. Berikan aura dan kesan yang positif

CV kamu sudah siap, pakaian kamu sudah rapi, latihan pertanyaan dan jawaban kamu berjalan dengan baik, gerakan tubuh dan latihan kontak mata juga sudah matang, lalu apa lagi? Untuk melengkapi persiapan kamu, ada satu hal kecil lagi yang dapat memengaruhi proses wawancara dan membuat kamu selangkah lebih dekat ke pekerjaan impian kamu.

Dengan memberikan kesan yang positif dari awal hingga akhir sangat penting karena memengaruhi penilaian kepribadian kamu. Misalnya jika pekerjaan kamu sebelumnya membuat kamu tidak nyaman, katakan tanpa menyalahkan perusahaan tempat kamu bekerja. Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum interview kerja. Semoga ini membantu dan wawancara kamu berjalan dengan baik. Yuk segera pesan Jasa Pembuatan CV menarik dan profesional di Shortlancer.com